Pages

Sabtu, 13 November 2010

MENGAPA PRESIDEN AMERIKA SERIKAT HARUS MEMBAWA LIMOUSINE SENDIRI?

Presiden Amerika Serikat, Barack H Obama melakukan lawatan kenegaraan selama sepuluh hari ke-empat Negara Asia, termasuk diantaranya Indonesia.

Dalam perjalanan kenegaraan ini, Presiden Obama membawa kendaraan darat sendiri, Mobil Limosin.

Kenapa Presiden Obama membawa sendiri sarana yang seolah sederhana, sebuah mobil?. Apakah karena tidak percaya terhadap Indonesia, atau kepada Jepang?.



Karena rumor yang beredar, bahkan dalam radius tertentu, senjata prajurit atau pasukan pengawal yang bukan dari Amerika Serikat harus kosong peluru. Termasuk pasukan TNI yang siaga di ruang terminal Bandara Halim Perdanakusuma.

Tentu saja, dalam radius tertentu, yang mungkin menjangkau atau menembak Obama. Namun, ternyata alasan kepercayaan terhadap negara sahabat bukanlah alasan utama. Namun, mobil Limosin ternyata lebih berperan sebagai benteng pertahanan ‘Amerika Serikat’.

Mobil ini, adalah mobil yang diidentifikasi sebagai Cadillac, atau lebih keren disebut Cadillac one. Mobil ini memiliki kemampuan pertahanan sekuat tank dengan perlengkapan super canggih, termasuk kaca anti peluru.

Ditelusuri dari tangki bahan bakar, Limosin dilapisi dengan gabus khusus yang tidak akan terbakar jika kena tembakan.

Buntut mobil, menyimpan oxygen dan perlengkapan pemadaman api. Kabin belakang bisa menampung empat penumpang dengan pembatas kaca. Hanya Obama yang punya tombol untuk menurunkan, tombol kepanikan disediakan jika Obama minta bantuan.

Mobil seharga 300.000 foundsterling ini memiliki tempat duduk belakang yang merupakan paket eksekutif dengan pitur meja lipat, laptop dengan wifinya. Tidak ketinggalan, telepon satelit dan akses langsung ke wakil presiden dan ke Pentagon, Markas Besar Militer Amerika Serikat.

Pintu mobil sepanjang 6 meter ini sama beratnya dengan pintu pesawat jet Boeing 757, anti peluru dan ketebalannya 8 inchi. Chasis mobil diesel 6,5 lt ini adalah plat baja setebal 5 inchi sepanjang bawah mobil. Antisipasi jika ada hal-hal yang tidak diinginkan atau ada bom dibawah mobil.


Ban Limosin terbuat dari bahan kevlar yang dimampatkan dan tahan tusukan dengan lapisan baja dibawahnya, memungkinkan mobil tetap melaju walau bannya terlepas. Asesori pertahanan diantaranya kamera night vision dan senjata dengan tombol pompa. Juga dipersenjatai dengan meriam gas air mata.

Botol stok darah presiden juga ada di mobil jika keadaan darurat, presiden perlu transfusi darah. Kaca depan, kuat menahan tembusan peluru tajam.

Jendela hanya terbuka 3 inchi jika pengendara harus membayar toll atau berbicara dengan agen paspampres 'secret service’ yang berada di sebelah.

Sopirnya adalah orang yang terlatih dari CIA untuk menghadapi keadaan mengemudi yang paling buruk. Mobil ini bisa langsung masuk ke pesawat Air Force One, yang selalu digunakan oleh Presiden Amerika Serikat dalam perjalanan udara jarak jauh.

Air Force One adalah sebuah simbol yang paling dikenal dari kepresidenan Amerika, menyebar sebagai referensi. Tidak hanya di Benoa Amerika, tapi juga di seluruh dunia.

Bertuliskan kata-kata ‘United State of America,’ bendera Amerika dan lambang kepresidenan Amerika Serikat, adalah penampakan kasat mata ke mana pun dia terbang.

Bahkan, pesawat bisa mengisi bahan bakar di udara dan tidak punya batasan jarak guna membawa Presiden kemanapun dia perlu melakukan perjalanan.

Pesawat dilengkapi dengan komunikasi canggih yang aman dan bisa difungsikan sebagai pusat komando militer.

Didalamnya, Presiden dan rombongannya bisa menikmati area seluas seribu meter persegi dalam tiga lantai. Termasuk ruang suite untuk Presiden dengan pitur kantor yang luas, toilet dan ruang rapat.

Bila dilihat didalamya seperti kamar hotel tidak seperti pesawat terbang . Pesawat juga dilengkapi suite medis yang berfungsi ganda sebagai ruang operasi, dengan dokter tetap pesawat. Dapur tempat persiapan bisa menyiapkan makanan untuk 100 orang sekali memasak.

Air Force One juga tempat bagi para penasehat senior presiden, Pengawal Dinas Rahasia (Secret Service), dan tamu yang ikut perjalanan. Sejumlah pesawat kapal kargo biasanya terbang mendahului untuk mennyediakan pelayanan yang diperlukan President di daerah terpencil.

Air Force One bisa membawa 70 penumpang dan 26 crew. Pesawat ini dilengkapi dengan 85 telepon, radio komuikasi, mesin fax dan koneksi komputer. Telpon diatur untuk percakapan udara dan darat dengan koneksi super aman.

Sarana komunikasi yang dilapisi dengan pembungkus yang super kuat agar terlindung dari electromagnetic atau ledakan nuklir.

Pesawat ini juga dilengkapi sistem pertahanan ekstra, tidak tertandingi oleh pesawat tempur tercanggih dan terhebat sekalipun. Sistem radar pengendali lawan, juga bisa melepaskan lampu pijar menyala untuk menangkal peluru kendali penyasar panas. [erabaru.net]
http://asaborneo.blogspot.com

Tidak ada komentar: