Pages

Kamis, 11 November 2010

Kunjungan Obama ke Istiqlal Dinilai Positif bagi Hubungan AS dan Dunia Islam

Foto: ASSOCIATED PRESS

Presiden Barack Obama, Michelle Obama bersama Imam Masjid Istiqlal, Ali Mustafa Yaqub, di Masjid Istiqlal Rabu 10 November 2010.


Imam Masjid Istiqlal di Jakarta menilai kunjungan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama ke masjid Istiqlal akan berdampak positif bagi hubungan Amerika Serikat dengan dunia Islam. Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dan isterinya Michelle Obama hari Rabu pagi mendatangi Masjid Istiqlal, Jakarta. Mereka diterima oleh imam Masjid Istiqlal, KH Ali Mustofa Ya’qub.

Michelle Obama menyesuaikan cara berpakaian saat berkunjung ke Masjid Istiqlal dengan menggunakan kerudung.

Dalam kunjungannya selama 25 menit itu, Imam Masjid Istiqlal memperlihatkan dan menjelaskan sejumlah benda yang ada di masjid Istiqlal kepada Presiden Obama dan Michelle Obama. Di antaranya, mengenai menara Istiqlal yang tingginya 66,66 meter yang melambangkan jumlah ayat-ayat Al-Quran. Selain itu Imam Masjid Istiqlal tersebut juga memperagakan cara menggunakan beduq.

Dari balkon, Imam Masjid juga menunjukan gereja Katedral yang jaraknya begitu dekat dengan Masjid Istiqlal dan itu menurut Imam Masjid menunjukan kehidupan beragama di Indonesia sangat harmonis, bahkan kerjasama antara gereja dan Masjid juga terjalin.

AP
Presiden Barack Obama dengan antusias bertanya-tanya mengenai berbagai ornamen dan kaligrafi di Masjid Istiqlal Jakarta.

KH Ali Mustofa Ya’qub yakin bahwa kunjungan Obama ke Masjid Istiqlal akan berdampak positif bagi hubungan Amerika Serikat dengan dunia Islam.

Menurut Imam Ali Mustofa, "Istiqlal ini kan simbol keislaman jadi ajakan kerjasama dengan dunia muslim itu kan, pas sekali itu, tentu memberi nilai yang positif."

Majelis Ulama Indonesia juga menilai kunjungan Obama ke Masjid Istiqlal akan dapat mengubah citra masyarakat dunia terhadap Islam.

Wakil Sekertaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia, Amirsyah Tambunan mengatakan:" (Perbaikan citra itu) Termasuk meluruskan pemahaman-pemahaman yang selama ini keliru tentang Islam, misalnya Islam is terrorism, itu kan keliru, Islam itu agama damai menginginkan rahmatan lil-'alamin."

Kunjungan Obama ke Masjid Istiqlal, mendapatkan perhatian tersendiri bagi sebagian masyarakat Jakarta. Mereka mengatakan sengaja datang ke Masjid Istiqlal hanya untuk melihat Presiden Amerika, Barack Obama.

Berikut Masyarakat Jakarta yang ditemui VOA di halaman Masjid Istiqlal

Yulia mengatakan: "Rendah hati Presiden Obamanya, kelihatannya gitu rendah hati. Pengennya sih walaupun cuma ngelihat mobilnya saja senang tapi ga sempet ketemu."

Sementara, Santi mengatakan: "Ingin melihat saja untuk menarik perhatian anak-anak biar dia punya semangat, punya motivasi tinggi mencapai cita-citanya karena kan Obama kan orang yang terkenal yah sedunia jadi mereka bisa mencari ilmunya dari sosok seorang pemimpin."

Kunjungan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama di Indonesia dipersingkat terkait dengan imbas abu dari Gunung Merapi yang dapat mengganggu pesawat kepresidenan Air Force One. Dengan demikian rencana Obama untuk melakukan tabur bunga di makam Pahlawan, Kalibata tidak jadi dilakukan.

http://www.voanews.com

Tidak ada komentar: